let's count my Gemas

Daisypath Anniversary tickers

Tuesday, January 15, 2013

mbah putri

Hari ini ujan dari pagi dan komplek taman mangun banjir.tadi pulang sekolah gue kerumah monic tujuannya cuma nganterin tapi malah jadi mampir,makan dan ngibrol2 banyak.

Dari obrolan gue dan Monic tadi gue jadi inget 1 cerita dan mau ngepost disini untuk berbagi sama kalian semua.

Kejadiannya udah lama sih,sekitar 4/5 bulan yang lalu gue lupa kapan tepatnya.Jadi dirumah gue itu gue tinggal sama mama,2 adik gue iyez&ruthy,mbah,om,tante&niken(anaknya om&tane gue).

Jadi nenek gue itu kan udah tua umurnya seikitar 60-an pokoknya sama kayak umur indonesia deh,nah penyakitnya orang tua kan katarak dan dia rencana mau operasi dari gereja gt.disini yang mau gue ceritain bukan mbah putri gue yang ini,tapi mbah putrinya niken(ibu dari tante gue) yang tinggal di tegal.

Jadi ini cerita sebenarnya...
Si mbah putri ini(panggilannya si neken ke mbahnya) juga punya penyakit katarak,dan yang miris..sebelah matanya udah gabisa liat,jadi dia bener2 gabisa liat sama sekali.mata kanannya katarak dan yang kiri itu buta karena kena percikan minyak panas waktu dia lagi ngegoreng kacang.

Singkat cerita datanglah mbah putri ini ke Jakarta buat ikut operasi katarak bareng mbah gue yang tinggal sama gue dengan harapan yang sangat amat besar bisa ngeliat lagi.terutama ngliat cucuknya,si Niken ini.karena dari niken lahir mbah putri gapernah liat mukanya niken kayak apa,muka gemesinnya niken,karena niken tuh pinter,cerewet dan gemesin banget.
 
Setelah menjalani prosedur dan beberpa pemeriksaan diketahui kalo.....mbah putri gabisa dioperasi.KENAPA?Karena kataraknya itu udah parah banget dan udah gabisa dioperasi/disembuhin karena dia menderita kataraknya udah terlalu lama.

Harapan mbah putri pun hancur lebur begitu saja.dengan semangat dia dateng ke jakarta berharap bisa ngeliat lagi tapi kenyataannya?dia udah gabisa liat lagi untuk selamanya...ini miris banget..bener2 miris..

 Mbah puti jalan ngeraba tembok..manggil2 niken kl mau keluar dituntun jalannya..duduk disofa depan tv tp dia gabisa liat gambar tvnya,dia cuma bisa denger..abis mandi dia duduk di luar dan gue sisirin rambutnya yang udah setengah ubanan tipis dan panjang..sambil gue sisirin rambutnya dia ngomong  gini "semoga dibales sama allah ya ka,mbah,mama,mas apri" gue sedih banget dengernya..

Galama setelah dia tau dia gabisa dioperasi akhirnya dia pulang lagi ke kampungnya.

Dikampung dia tinggal sama mbah buyut dan udah tua cuma berdua,setiap bulan mereka dikirimin uang dari Jakarta tapi dari cerita yang gue denger sodara2 mereka dikampung jahat suka minta uang kemereka kl mereka dapet kiriman padahal sodara2nya masih sehat dan  bisa kerja.dibandingin sm mbah putri yang udah gabisa liat dan yang udah tua.Dikampung mbah putri tinggal berdua dan apa2 diurusin sm mbah buyut..

Tapi..beberapa bulan setelah itu mbah buyut meninggal..gue kepikiran disana mbah putri siapa yang urus?dan setau gue juga dia tinggal sendiri sekarang,kadang ada keponakannya yang dateng ngurus dia tapi gue gatau persis.

Dan monic nanya.."emang suaminya kemana?ko cuma tinggal sendiri?" dan gue jawab..."suaminya udah nikah lagi" ini hal termiris...bayangin kl kalian di posisi mbah putri.gue ga kebayang,mata buta,tinggal sendiri,harus urus sendiri,sodara jahat,dan suami nikah lagi...

Semoga mbah putri dikasih sehat sm Tuhan,panjang umur,bahagia hidupnya..AMIN

Semoga cerita mbah putri ini bisa jadi pelajaran buat kita saemua dan menghargai apa arti hidup ini.GBU ALL.

No comments:

Post a Comment